Hadir ditengah maraknya ponsel kelas menengah, realme 3 Pro menjadi kuda hitam di kelasnya. Ini berkat harga yang dipatok cukup terjangkau, namun dengan spesifikasi dan performa yang dimilikinya jelas mumpuni. Seberapa baik sebenarnya ponsel itu? Berikut hasil ulasan parabala dalam hal desain, layar, kamera, dan baterai.

Desain

Posisi harga jual di angka bawah empat juta, jelas penggunaan polikarbonat masih dapat dimaklumi. Namun ponsel ini mampu mengatasinya dengan tampilan yang memuaku, menampilkan kesan mewah dan berkilau. Secara dimensi, ketika dipegang dengan satu tangan ukurannya terasa pas. Selain itu kontur belakang yang melengkung membuatnya nyaman saat digenggam.

reslme 3pro
reslme 3pro

realme 3 Pro lebih unggul dalam masalah tampilan dibanding kompetitor dengan bodi mengilapnya yang berbeda. Ini berkat finishing motif garis yang reflektif jika terkena pancaran cahaya. Bagian cover belakang ini terhias dengan efek gradasi dua warna, sesuai dengan varian yang dipilih (Lightning Purple, Nitro Blue).

Untuk bagian muka, panel layar sudah dilapis dengan Gorilla Glass 5 berponi dewdrop yang mampu meminimalisir gangguan. Dalam hal ini sebagai tempat menaruh kamera depan.

Layar

Setelah membandingkan tampilan luar, kini masuk ke tampilan layar. Sektor yang cukup krusial dalam penilaian layak dimilikinya sebuah ponsel. realme 3 Pro memiliki layar dengan ukuran layar 6,3 inci dengan rasio layar ke bodi mencapai 90,8 persen. Resolusinya sudah FullHD+ (2340×1080 piksel).

Panel layar realme 3 Pro tergolong baik performanya. Panelnya menggunakan teknologi IPS LCD jenis layar yang memiliki sudut pandang yang luas. Jika bicara jangka panjang dan daya tahan, IPS LCD juga cenderung lebih baik ketimbang AMOLED misalnya.

realme 3 pro
realme 3 pro

Kamera

Kamera menjadi faktor jualan di ponsel ini. realme 3 Pro memilih tetap setia dengan konfigurasi telefoto (16MP+5MP). Tidak seperti kompetitornya yang mulai melirik memberikan lensa lebar. Padahal dengan adanya lensa lebar, pengguna leluasa dalam menangkap area gambar yang lebih luas tanpa harus mundur-mundur.

Di satu sisi, positifnya dengan kehadiran dual camera adalah hasil gambar dengan mode bokeh terlihat lebih baik. Dengan tambahan kamera kedua, maka kamera akan lebih akurat dalam mengukur dan membagi area mana yang harus diburamkan dan tidak.

Kamera di realme 3 Pro diperkaya oleh kecerdasan buatan (AI) dengan adanya mode Chroma Boost untuk menghasilkan gambar yang optimal seperti rentang dinamis lebih besar dan detail yang lebih tajam. Mode unggulan lain bernama Nightspace berfungsi membantu penggunanya dalam menangkap keindahan malam hari dalam gambar yang bebas buram, hasilnya gambar jadi lebih tajam, dan bersih.

Urusan swafoto, realme 3 Pro dapat dikatakan unggul karena memasang kamera depan beresolusi 25MP.

Baterai

Baterai realme 3 Pro terhitung besar yaitu 4045mAh. Mungkin mirip-mirip dengan kompetitor, namun yang pasti kapasitas baterainya ini mampu memberi daya ponsel seharian tanpa cas. Menariknya ada VOOC Flash Charge yang bisa mempercepat pengisian daya baterai dari kondisi kosong ke penuh hanya dalam hitungan bawah 90 menit.

Kesimpulan

realme 3 Pro sangat layak untuk dibeli jika Kalian memiliki dana di angka 3 sampai 4 juta. Ponsel ini bisa dikatakan mumpuni dalam menyajikan spesifikasi dan performa ke para pengguna. Paket penjualannya lengkap dengan aksesori cas VOOC yang harganya cukup mahal jika dibeli terpisah. Sebagai bonus, layar realme 3 Pro sudah terpasang anti gores dan diberikan aksesori case jelly transparan sepaket didalam box kemasannya.