Iphone merupakan sebuah merk produk smartphone yang dibuat oleh perusahaan teknologi raksasa Apple. Apple yang memiliki kredibilitas tinggi untuk semua jenis produk yang dibuatnya membuat harga Iphone menjadi jauh lebih mahal dibandingkan dengan seri smartphone lainnya.

Di Indonesia sendiri, hanya kalangan menengah ke atas saja yang menggunakan Iphone karena harganya tersebut. Beberapa seri lamapun masih dicari demi untuk memiliki iphone dengan harga yang lebih terjangkau.

iPhone 6s Emas Rose, Emas, Perak, Abu-abu
Salah satu seri lama yang banyak dicari di pasaran adalah Iphone 6S dimana harga Iphone 6s second saat ini mencapai Rp. 2 jutaan. Penasaran dengan apa saja spek yang ditanamkan di seri ini oleh Apple? Berikut in ulasan kelayakan penggunaan Iphone 6s untuk masa kini.

Iphone 6s merupakan seri Iphone yang dirilis pada tahun 2015 silam. Meski begitu karena merupakan buatan Apple yang terkemuka, Iphone 6S memiliki komponen khas dengan kecanggihan tersendiri. Salah satunya adalah pada penggunaan prosesor dari Apple chipset 9 yang lebih mumpuni dibandingkan prosesor lain di jamannya.

Meski menggunakan jenis prosesor dual core, namun kecepatan yang dimilikinya yaitu 1m8 Ghz lebih cepat dibandingkan seri smartphone lain dengan prosesor yang sama. Selain itu graphic yang digunakan adalah GPU Power VR GT7600 yang setara dengan six core graphic untuk smartphone lainnya.

Tanpa menggunakan slot memory eksternal, Anda akan dipaksa untuk hanya menggunakan memory internal dengan beberapa pilihan kapasitas yaitu:

->16 gb.

->32 gb.

->64 gb.

->128 gb.

Semakin besar memory maka harganya pun semakin tinggi karena Anda bisa lebih leluasa untuk menyimpan berbagai file hasil jepretan kamera ataupun rekaman video dan download dan dari internet.

(Source image by gumtree.com)
Untuk harga Iphone 6s second yang paling murah memang berkapasitas 16gb namun sekarang ini kapasitas tersebut dirasa kurang sesuai dengan penggunaannya sehingga lebih disarankan Anda langsung memilih yang berkapasitas 64 gb jika ingin mencoba menggunakan seri ini.

Selain penggunaan memory internal, memory random atau RAM yang disematkan juga perlu diperhatikan. Untungnya Apple sudah menanamkan RAM berkapasitas besar 2 gb sehingga untuk penggunaan saat ini masih layak dipakai untuk mengintai beberapa aplikasi besar dan menjalankannya di waktu yang sama.

Anda bisa membuka beberapa sosial media dan melakukan chat tanpa smartphone menjadi lambat dan panas. Keperluan fotografi juga masih bisa disalurkan dengan baik menggunakan 2 buah kamera yang diberikan oleh Apple yaitu kamera belakang dengan resolusi 12 mp dan kamera depan dengan resolusi 5 mp.
Sayangnya resolusi kedua kamera tersebut hanya dilengkapi dengan fitur standar tanpa ada aplikasi bawaan yang bisa mengedit penampilan seperti smartphone jaman sekarang. Namun jika bersedia mengunduh aplikasi berbayarnya, apple menyediakannya untuk pengguna Iphone berbagai seri.

Dari review di atas, untuk urusan dapur pacu dan multitasking, seri Iphone 6s ini masih sangat mumpuni untuk digunakan di jaman sekarang. Meski begitu, terdapat masalah utama yaitu pada bidang layar depannya yang hanya 4,7 inchi dimana smartphone jaman sekarang sudah menggunakan layar berukuran besar yaitu 5 hingga 6 inchi.

Akan tetapi layar yang disematkan oleh Apple merupakan layar berteknologi tinggi dan sudah dilengkapi dengan pelindung kaca untuk keamanannya. Harga iphone 6s second yang mencapai Rp 2 jutaan masih terbilang sesuai untuk sebuah smartphone canggih dengan kepopuleran dari produsen pembuatnya yaitu Apple.