“Begadang jangan begadang kalau tiada artinya, begadang boleh saja kalau ada perlunya”

Cuplikan lagu diatas sudah tidak asing di telinga terlebih bagi penggemar musik dangdut, lagu pas buat para blogger yang kerap meghabiskan waktunya berlama-lama dan menikmati pekerjaanya dengan santai pada malam hari. Walaupun sebenarnya hal ini “agak” kurang baik dilakukan, tetapi semua ada solusinya. Apakah itu? Tentunya selain tetap menjaga pola makan dan olah raga, sebuah perangkat computerlah yang mampu menunjang itu semua. Kok bisa? Bisa aja shay..caranya mudah kok. Bisa dioperasikan dengan Normal mode, demi mengoptimalkan pengaturan awal,, Eye Care mode mengurangi tingkat cahaya biru agar lebih nyaman dalam melihat, dan Vivid mode dapat menyesuaikan pengaturan tampilan untuk memberikan gambar penampilan yang benar-benar hidup, tanpa membuat warna terlihat seperti buatan

Pertama, kamu harus punya laptop tipis dengan spesifikasi mumpuni untuk keperluan mengolah grafis. layar yang diusung harus sudah berteknologi NanoEdge ukuran 15.6 inci, tapi berbalutkan kerangka laptop 14 inci dan punya Ketebalan hanya 1,89 cm dengan bobot kurang dari 1,8 kg. Ini artinya kalian bisa bekerja di mana saja dan dalam situasi apapun, seperti menulis naskah/artikel, me-remax komposisi musik atau melakukan editing video,serta tugas-tugas mobile lainnya tanpa perlu merasa terbebani *cukup hidup aja yang berat, barang bawaan berupa laptop haruslah ringan.

Foto credit by Asus
Bisa dioperasikan dengan Normal mode, yaitu memberikan pengaturan awal yang dapat dioptimalkan, Eye Care mode mengurangi tingkat cahaya biru agar lebih nyaman dalam melihat, dan Vivid mode dapat menyesuaikan pengaturan tampilan untuk memberikan gambar penampilan yang benar-benar hidup, tanpa membuat warna terlihat seperti buatan

Kedua, desain bodinya harus berbahan meta kokoh juga punya kualitas premium dan harus ada logo ASUS yang bisa menyala ketika notebook dihidupkan *catet ya. Pokoknya kalian harus dibuat nyaman ketika mengetik apalagi keyboardnya menyala dan mempunyai travel distance sebesar 1,5 mm,plus ada fitur fingerprint sebagai fitur keamanan. Bukan hanya itu saja sih, ada spesifikasi penting lainnya yaitu prosesor. Usahakan sudah memakai Intel Core i7- 7700HQ dengan kecepatan 2,8GHz dan bisa ditingkatkan hingga 3,8GHz. Prosesor quad-core bertenaga ini juga mendukung Hyper-Threading Technology ini artinya kalian bisa mengerjakan 8 tugas sekaligus. Selain itu, di dalamnya sudah disematkan kartu grafis gaming; Nvidia Pascal GTX1050Ti dengan video memori GDDR5 sebesar 4GB.

Memiliki teknologi ASUS Tru2Life dimana ini adalah teknologi penyempurna video eksklusif, mirip/setara dengan yang ditemukan pada TV high-end. Menggunakan algoritma software cerdas untuk mengoptimalkan ketajaman dan kontras setiap frame video, sehingga video terlihat lebih jelas, lebih rinci, dan lebih realistis. Setiap saat komputer Anda mengirimkan sebuah frame video ke layar, nah fungsi ASUS Tru2Life menganalisis setiap pixel tunggal dalam frame yang dapat dipadukan secara individual.

Ketiga, punya sistem pendinginan menyematkan dua buah fan dengan 3 heatpipe berfungsi mendinginkan komponen CPU dan juga GPU saat dipakai berjam-jam, . Sementara dari sisi memori utama, harus memakai RAM DDR4 2400MHz sebesar 16 GB. Kapasitas ini cukup untuk mendukung kerja kreatif  dan multitalenta yang dilakukan kalian. Sedangkan utuk kapasitas penyimpanan, telah dipasangkan SSD berbasis PCIE berkapasitas lega, memuat 1TB dengan akses kecepatan 3 kali lebih cepat dibandingkan dengan SATA SSD.

Mempunyai performa yang baik, juga segala aspek yang tentunya kalian butuhkan sebagai seorang blogger dengan tugas-tugas “yang” tanpa ada pakem jadwalnya. Fitur yang mendukung tersebut antara lain display atau layar, audio, konekvitas serta daya tahan perangkat. Kalau bisa perangkatnya sudah teruji disegala cuaca ekstrim sekalipun. Harus memiliki kemampuan audio yang baik dan telah medukung kerjasama ASUS dengan Harman/Kardon. Dengan teknologi SonicMaster Ada empat buah speaker yang terletak di notebook tersebut sehingga membuat suaranya sangat kencang dan powerfull.

Dari sisi display, didukung dengan layar IPS 15,6 inci dengan resolusi hingga 3840×2160 piksel (4K UHD) yang digunakan menawarkan rentang warna sRGB hingga 100 persen, tajam dan jernih.
Sementara pada konektivitas, perangkat ini dilengkapi dengan dua buah USB Type C berfitur Thunderbolt, dua buah USB type A, port HDMI, combo audio jack dan micro SD card reader. Adapula tambahan live dongle pada paket pembeliannya yang terdiri dari kumpulan port penting sehingga kamu tidak perlu lagi membawa konektor apapun saat berpergian.

Memiliki Smart Gesture, hal yang memungkinkan kalian menggunakan Windows gesture cukup intuitif pada touchpad,demi memudahkan saat bernavigasi juga kontrol aplikasi. Smart Gesture ini mendukung hingga gerakan 4 jari di Windows 10, sehingga kalian dengan mudah berpindah aplikasi, membuka Cortana atau Action Center hanya dengan menekan atau menggesekkan pada touchpad dan Software. Jangan lupa pilih daya tahan baterainya yang mencapai 10 jam dalam kondisi pemakaian normal. Kamu juga bisa mengisinya kembali hingga 60 persen dalam waktu 49 menit karena telah mendukung fast charging. 

Foto credit by Asus
Dan Semua itu adanya pada perangkat ASUS ZenBook Pro UX550!! Perlu diketahui sebanyak 31% market share from hero to zero untuk notebook terbesar di Indonesia. Dan yang paling penting dengan memiliki ZenBook Pro UX550 (dan seluruh produksi notebook) kalian tidak usah meminta bantuian siapapun untuk menginstal Windows, karena mulai awal November dan efektif berjalan secara keseluruhan di bulan Desember, seluruh perangkat notebook ASUS sudah terinstal Windows 10 atau Pro terbaru sekalipun!.
Spesifikasi ZenBook Pro UX550

Jadi gimana?.. enak zamanku tooh, eh.. zaman know pastinya. Sambil mendengarkan musik, sambil ngedit video, sambil ngetik surat cinta *emang masih musim, ya.* dan tugas-tugas komputasi lainnya, sekali lagi jawabannya PAKAILAH ZenBook Pro UX550!
*gigit kuku